News Apa itu Gaya Desain Interior Minimalis?

December 16, 2019by adminwrd0
16 DESEMBER WOODRICH INGIN TAHU-01
16 DESEMBER WOODRICH INGIN TAHU-02

Sudah dikenal sejak tahun 1960-170’an desain interior dengan gaya minimalis ini juga dikenal lewat slogannya “less is more”. Kesederhanaan, fungsionalitas, dan keteraturan, adalah ciri utama dari gaya desain interior minimalis.

Namun walau terkesan simple, desain minimalis sesungguhnya melibatkan prinsip-prinsip yang cukup kompleks dalam pencapaiannya. Terdapat beberapa elemen penting dalam desain minimalis, dimana ruang, objek dan pencahayaan memegang peranan penting. 

Sejatinya gaya desain minimalis akan menghasilkan kesan luks, mewah, indah dan elegan. Dalam bentuknya yang simpel dan fungsional namun memukau, di sanalah letak prinsip desain minimalis sejati.

Ciri lain dari gaya desain minimalis adalah dimana setiap ruangnya memiliki kejelasan simplisitas antara desain dengan kegunaannya. Karakter wajib desain minimalis meliputi bentuk dan garis yang simpel, dinding interior yang minimal, lantai yang terbuka, sederhana, ruang penyimpanan yang memadai dan punya akses pencahayaan yang sesuai dan mencukupi.

Kalian akan jarang menemukan warna-warni yang ekstra atau berlebihan pada desain minimalis. Minimalisme memang menghindari warna yang terang dan terlalu berani. Sebaliknya, konsep desain ini akan mengusung palet warna netral seperti putih, beige, atau abu-abu dan sejenisnya. Skema warna monokrom mengurangi esensi tak perlu dari sebuah desain sehingga sesuai dengan prinsip konsep desain ini.

Pada umumnya, skema warna monokrom akan disandingkan dengan sejumlah warna lembut seperti variasi warna pastel jika konsep desain minimalis ingin dimodifikasi sesuai kepribadian pemilik hunian.

Perpaduan antara pencahayaan dan aksesoris minimal menjadikan sebuah ruangan desain minimalis terasa lenggang, nyaman, dan dialiri udara bebas. Suasana hangat dan tenang akan tercipta dan bukan terasa dingin atau steril kaku.

Konsep desain ini tidak akan mengadakan objek yang nihil fungsi. Oleh karena itu, jika kalian berminat memilih konsep desain ini, pastikan dulu apa saja benda yang berguna dan enyahkan yang tidak punya fungsi jelas.

Ini bukan berarti konsep desain minimalis terlalu kaku, hanya saja punya keunikan yang mengutamakan fungsionalitas sebuah benda. Ornamen dan aksesoris juga hanya terbatas pada kuantitas tertentu dan tidak berlebihan.

adminwrd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *